Tips dan Trik Mengoptimalkan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Tips dan Trik Mengoptimalkan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Pada usia empat bulan biasanya bayi akan lebih tertarik dengan berbagai hal. bayi juga sudah mulai bermain menggunakan suaranya, pasalnya dia sedang usaha untuk berkomunikasi. Bukan hanya itu saja, bahkan gerakan dari kepala bayi juga sudah mulai stabil. Sebagai ibu Anda bisa mengoptimalkan perkembangan bayi di usia 4 bulan dengan tips di bawah ini!

  1. Berikan Rasa Empati sebagai Respons Emosi Pada Bayi

Ketika buah hati sedang menunjukkan rasa emosinya, coba untuk sesekali lebih aktif dalam memberikan respons yang baik. Tidak ada salahnya Anda mulai menunjukkan rasa empati kepada si kecil.

Misalnya saja pada saat dia sedang terlihat sedih setelah menangis. Cobalah untuk memberikan respons yang baik seakan-akan Anda sendang ikut merasakan apa yang si kecil rasakan. Cara satu ini dapat dilakukan sebagai langkah awal agar bisa membantu dan membangun rasa untuk saling percaya satu dengan lainnya.

  1. Mulai Buat Kebiasaan untuk Mengajak Buah Hati Bermain dan Berbicara

Biasanya pada usia ini bayi sudah mulai sering senang untuk memperhatikan orang-orang yang berada di dekatnya. Oleh sebab itu Anda juga perlu mendukungnya. Caranya adalah dengan lebih sering melakukan interaksi dengan buah hati.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mulai mengajaknya bermain dan juga berbicara. Ya cukup sederhana si, hanya sekadar menjadikannya tersenyum dan tertawa saja sudah dapat membangun kedekatan dengan sendirinya. Tentunya Anda juga ingin bukan jika bisa dekat dengan buah hati?

  1. Respons Si Kecil Saat Ia Mengeluarkan Suara

Sesekali si kecil pasti akan mengeluarkan suara, baik itu hanya gumam saja atau juga ocehan seperti bahasa seorang bayi. Kali ini Anda bisa mendukung perkembangan bayi di usia 4 bulan dengan memberikan respons yang baik.

Selalu tunjukkan pada buah hati jika Anda memang ada untuk dirinya. Dengan begitu secara otomatis bayi juga akan merasa jika dirinya nyaman bersama orang tuanya. Bahkan ia juga merasa selalu terlindungi.

  1. Perbanyak Waktu Sebagai Tummy Time

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal otot kepala pada bayi berusia empat bulan kini sudah mulai lebih kuat dan juga stabil. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mulai memperbanyak waktu untuk tummy time. Apa itu?

Salah satu contoh sederhananya adalah dengan memberikan mainan yang mana dapat dijangkau oleh buah hati. Anda juga bisa eksplorasi selama waktu tummy time bersama di kecil. Tujuannya adalah agar si kecil merasa lebih nyaman, apalagi saat dengan Anda sendiri sebagai orang tuanya.

Keberadaan Anda di dekat si kecil serta banyaknya waktu yang dihabiskan bersamanya akan lebih berharga daripada apapun. Ikatan maupun kedekatan yang dibangun sejak dini satu ini pun dapat sangat membantu perkembangan bayi secara emosi. Bukan hanya itu saja namun juga mentalnya di masa yang akan datang.

shares